Jumat, 27 November 2015

Tanya Jawab Soal: Diet, Obesitas, Overweight part 1

Halo teman-teman ini ada beberapa pertanyaan yang sering diajukan orang yang awam soal kesehatan tentang berat badan, obesitas dan diet. Kebetulan kelompok minner illness kami membahasnya :) hoho. Semoga bermanfaat.
Kalau kamu ada pertanyaan silahkan komen dibawah ini :)


Apa itu obesitas?

Obesitas adalah orang yang mengalami kelebihan berat badan. Bisa diketahui dari BMI (Indeks massa tubuh)nya >30 (kg/m2). BMI dapat dihitung dengan membagi berat badan (dalam Kg) dengan tinggi badan kuadrat (dalam meter)

Misalnya: Ibu Yeni memiliki berat badan 89 Kg dan tinggi badan 160 cm atau 1,6 m
Maka BMI Ibu Yeni  = (89 kg)/(2,7225 m2) = 32,69 kg/m2 lebih dari 30
Ibu Yeni dikatakan obesitas

Obesitas dan overweight

Apa bedanya? seringkali kita nggak bisa membedakannya. Sebenarnya bedanya di BMInya, jadi kalau overweight/kelebihan berat badan ketika BMI sama atau lebih dari 25 kg/m2.

Lebih bahaya obesitas atau overwight?

Dua-duanya berbahaya. Karena ketika kita obesitas/overweight maka terjadi penumpukan lemak di tubuh, bayangkan kalau organ2 kita semua tertutup lemak, badan jadi berat dan sulit bergerak. Beberapa merasa terus lapar dan jadi carbo addiction. Kita rentan terkena penyakit metabolik dan jantung kita bekerja sangat keras. Saking kerasnya, bisa berhenti kapan saja. Orang yang berat badannya sangat over, beberapa disebut morbidly obese. Morbid, berarti kematian.

Berapa BMI orang normal?

normalnya BMI adalah 18-24,9 (ini dari buku Handbook of Non-prescription Drugs), tapi beberapa referensi mungkin mengatakan lain. Sebenarnya kalau orang Asia, disarankan untuk punya BMI yang lebih rendah (maksudnya mungkin <24 karena resiko penyakit metaboliknya tinggi).

BMI saya <18!

BMI <18 dikatakan underweight, dan nggak baik untuk punya BMI yang kurang dari normal karena beberapa riset menyebutkan kalau kita underweight lebih rentan terhadap beberapa penyakit. Jadi jangan terobsesi untuk kurus ya... (sangat kurus maksudnya)

Apa sih sebenernya "Diet" itu?


Kalau bahasa inggris Diet sebenernya asupan tubuh, bukan ketika kita mengurangi makanan. Kalau orang Indonesia "Diet" identik dengan pengurangan porsi makan.

Suplemen online penurun berat badan, benarkah?

Jadi ada beberapa suplemen yang katanya bisa menurunkan 5-7 kg per minggu. Kalau saya sebagai calon apoteker sendiri curiga disitu ada obatnya. Karena sejujurnya herbal itu efeknya lama dan panjang. Sebenarnya menurut WHO penurunan berat badan yang disarankan adalah 0,5-1kg per minggu. Penurunan yang sangat cepat itu nggak baik. So, hati-hati dalam memilih suplemen dan jangan terpengaruh dengan iming-iming turun berat badan dengan cepat.

Saya obesitas, apakah saya harus ke dokter?

Akan sangat baik kalau kamu menemui dokter atau ahli gizi untuk konsultasi. Tapi, kadang terkendala biaya dan hal lainnya (jauh misalnya). Sebenarnya selama BMI mu belum sampai 35, kamu bisa melakukan diet tanpa harus ke dokter (swamedikasi).



Sumber:
Handbook of Non-prescription Drugs
NHLBI
WHO Guideline



1 komentar:

  1. Makasih buat artikelnya , sangat jelas sekali. Untuk mengatasi lemak membandel mungkin bisa kita luruhkan dengan suplemen untuk diet Nature Citrimax. Menurut saya cukup ampuh loh

    BalasHapus