Sabtu, 10 Oktober 2015

Magang di Industri Farmasi: My ISPE Industrial Internship experience part 1


Setelah hampir 2 bulan selesai magang. Baru ada waktu untuk nulis apa yang terjadi selama saya magang? Mari kita simak pengalaman berikut ini.

Magang Industri Farmasi? Mungkin yang ada dibenak temen-temen yang waktu itu belum lulus S1 adalah magang ketika PSPA, atau profesi apoteker. Tapi lewat ISPE DIY-Jateng (karena say di DIY), saya dapat kesempatan belajar di Industri, dunia profesional sebelum PSPA (alhamdulillah, terimakasih ISPE Indonesia Affiliate). ... dan kalau boleh jujur, pengalaman magang mengubah banyak hal dalam diri saya dan ada beberapa penyesalan yang datang dalam diri *jengjengjeng*


Magang Indutri ISPE (International Society of Pharmaceutical Engineering) DIY Jateng Student Chapter

Seperti temen-temen tahu.. ISPE adalah organisasi profesional praktisi Industri Farmasi yang induknya ada di Tampa, Florida. ISPE ada affiliatenya di seluruh dunia, dan di Indonesia yaitu ISPE Indonesia Affiliate. ISPE DIY Jateng Student Chapter induknya adalah ISPE Indonesia Affiliate, wadah dari temen-temen yang minat untuk kerja dan berkecimpung di dunia Industri Farmasi. ISPE menjembatani saya untuk magang, jadi buat yang penasaran bisa klik disini.


Kebetulan saya magang di Perusahan Farmasi sebut saja PPZ, Semarang
di Bagian Produksi di bawah supervisi Bapak Iman (terimakasih bapak!)

Perusahaan tempat magang

Pada bagian pertama ini akan saya paparkan ketiga penyesalan saya ketika magang industri.


Penyesalan pertama : kenapa saya nggak magang dari dulu?


Dulu, menurut saya pelajaran sosial dan pelajaran industri itu sangat mengantukkan. Karena saya nggak bisa membayangkan apa yang diajarin dosen. Sekalipun liat youtube sampe hafal, tetep nggak bisa nyangkut. Apasih CPOB? To annoying to be understood apalagi dihafal. Setelah masuk dunia industri, huwahahaha.... ternyata pelajaran itu sangat nyata dan dekat, dan sangat menyenangkan untuk dipahami.

Saya bisa bener-bener lihat proses-proses luar biasa yang biasanya saya lihat di youtube, dan yang nggak saya lihat di youtube. Adegan ringkes-ringkes saat ruangan produksi mau dicat ulang epoksinya misalnya. Adegan ruang capsule filling saat running yang ditutup dan ditemani cahaya kuning romantis misalnya. Adegan IPC PP cap India vs Cina misalnya. Adegan Bule mentraining mesin strip baru misalnya. Dan adegan-adegan seru lainnya yang nggak bisa kita temui dibuku dan youtube 2 dimensi kita. Its too amaizing to tell you in detail. For me, I regret the times I spend lazily sleeping around the corner of my sloppy kos-kosan, I regret it a lot.

Sekalipun kita kunjungan, tetep aja beda. Kalau nggak mantengin mesin dan alur produksi tiap hari, kita belum dapet apa-apa.. nggak akan ada adegan-adegan berepisod-episod yang romantis kayak gitu.. saat itu saya sadar kalau gap antara pendidikan dan industri yang selalu dan selalu di gaungkan sebagai hal yang mau dijembatani ISPE itu ada. Dan salut untuk ISPE Indonesia Affiliate yang mau membimbing kita dan transfer ilmu.

Jadi buat temen-temen semester 5 ke atas yang mau magang ISPE. Kesempatan ada untuk dimanfaatkan. Sepulang dari magang jadi lebih semangat belajar, karena lebih enak (ada gambaran banget di Industri itu gimana jadi masuk aja di kepala). Kalian pasti gitu juga. So excited buat magang PSPA

If I can turn back the time, I want to do it more, a lot (pengen coba bagian lain juga)
**jadi untuk kalian yang masih punya banyak kesempatan, raup kesempatan sebanyak mungkin**

Penyesalan kedua: kenapa cuma 4 minggu?

Minggu pertama karena masih orientasi 1 minggu kerasa lama banget karena belum biasa, Cuma setelah minggu kedua, yup time flies. Nggak kerasa banget dan rasanya makin haus ilmu terus. ISPE sangat menyarankan untuk 2 bulan karena ada alasannya. Waktu 1 bulan itu nggak cukup dan mungkin bisa jadi apa yang didapet belum optimal.

Awalnya waktu masuk produksi, bingung mau ngapain. Dikasih tugas juga bingung, tapi dengan bimbingan semuanya, semuanya jadi menyenangkan..

Apalagi.... ternyata setelah coba 3 shift seru banget (kebetulan kalau bagian produksi selalu 3 shift). Jadi Pak Iman memberi saya kebebasan untuk masuk shift 1,2,3 (dan saya coba tiga-tiganya). Ternyata ada keasyikan di tiap shiftnya.

Jujur kalo mau nongkrongin mesin, lebih enak shift 3, karena personilnya lebih sedikit (ruangnya kan ada maksimumnya berapa orang boleh masuk, kalau pagi seringan cuma bisa liat dari luar). Baru tau setelah minggu terakhir. Pegawainya pada kaget ini ada anak magang masuk shift 3.

Pernah suatu hari saya nongkrongin pembuatan zenirex dan sampai pada saat pengayakan ikut bantu bersihin mesin frewitt dan ngerasain setengah mati membersihkannya. Itu pengalaman luar biasa banget. Siapa sih anak S1 yang udah pernah nongkrongin dan bantu ngutek-utek mesin Hutlin dan Frewitt jam 2 pagi? I guess not a lot... (tentunya dibawah supervisi yang bertanggungjawab: Don't try this at home ya.. kalau mau ngutek2 ada aturannya ^^)

Tiap hari ketemu orang berbeda yang ceritanya beda, itu serunya produksi. Dan baru bisa aku rasain diminggu-minggu terakhir karena baru bisa ngerasain enjoy dan adaptasi full enaknya kayak gini.

Penyesalan ketiga: I wish I know what I need to know

Sebelum masuk industri udah belajar dulu, cuma mungkin setandar anak kuliahan (dan berhubung saya dari bahan alam, pengetahuan industri juga minimal). Saya dan Dewi (yang juga magang ISPE di Zenith) belajar barengan di kosan.

jadi ceritanya hari pertama saya dan Dewi masuk QA. Mendadak Pak Iman minta anak magang, akhirnya saya dipindah ke produksi. Ada rasa degdegan luar biasa saat pisah dengan koloni (hahaha, yaa sangat manusia), sekaligus mikir "ini tantangan" lalu apa yang terjadi?

Begitu masuk hari pertama di produksi Pak Iman bilang, "Saya minta kamu mengukur efisiensi Printer Inkjet Hitachi"

Saat itu yang terlintas dikepala saya adalah mesin printer laser yang sering ada di kantor-kantor. Tapi ternyata adalah mesin koding untuk melabel bahan kemas pra-kodifikasi yang ada di CPOB. Jauh banget dari mesin printer.

Setelah bingung-bingung akhirnya dengan bantuan semuanya tugas itu bisa terselesaikan..
Shock bukan? Ternyata yang kita pelajarin saat kuliah memang sangat basic, jadi supaya kita kompeten sekaligus terpacu dan tau apa yang penting untuk dipelajarin dan bagian apa di Industri yang temen-temen minatin, coba deh magang.

Awalnya saya nggak mau banget kalau di produksi, nggak ngerti di QA, PPIC itu sebenernya tugasnya apa. Pengennya RnD aja... setelah masuk Industri justru pilihan utama saya masuk pada produksi, QA dan PPIC. I love those so much walaupun dimana aja aku mungkin fine selain RnD formulasi tapi gatau juga sih...



-----
Saya akan menutup postingan kali ini dengan cerita dari Pak Rudy, Manager QC PPZ

"Ketika saya lulus IP saya nggak ada 3, dan saya dulu awalnya asisten apoteker (lalu lanjut S1 dan Apt)
saya beda dengan yang lain karena sering ganti-ganti bagian...
tapi ada satu hal yang selalu saya lakukan disetiap bagian,

pelajari sesuatu secara detail, yang bisa menjadi nilai tersendiri untuk kamu...
tanyakan semua hal
ketahui semua hal
jangan sampai ada satu hal pun yang kelewatan
maka kamu akan jadi ahlinya

misalnya bapaknya di QC pas jadi AA sampai bisa bongkar HPLC sendiri ngalah-ngalahin teknisinya
disitu bapaknya jadi spesial...

dan bapaknya berpesan"

"Kita harus jadi spesial kalau mau sukses"

Sekian. Terimakasih Pak Rudy dan PPZ
terimakasih juga ISPE DIY Jateng dan ISPE Indonesia Affiliate dan ISPE Int'




2 komentar: