Rabu, 18 Maret 2015

Resensi Buku: Middle Passage by Charles Johnson

Judul buku: Middle Passage
Pengarang : Charles Johnson
Penerbit: Scribner Paperback Fiction
Tahun terbit: 1948
Bahasa : Inggris
Jumlah halaman : 209 halaman


Middle Passage adalah salah satu novel yang juga saya temukan di American Corner perpustakaan UGM. Bercerita tentang perjalanan Rutherford Calhoun di sebuah kapal bernama Republic untuk lari dari pernikahan terpaksa dengan seorang wanita yang dia temui bernama Isadora. Calhoun diam-diam naik ke kapalnya, jadi setelah ketahuan dia dipekerjakan tanpa dibayar (alias perbudakan). Ternyata kapal Republic itu berlayar menuju Afrika untuk menangkap suku Allmuseri untuk dijual sebagai budak di Amerika.  Perjalanan Calhoun mengajarkan banyak kebijaksanaan dalam dirinya, belajar tentang dirinya dan juga negaranya, Amerika.

+++
Sebenernya ceritanya bagus (dapat penghargaan nasional juga di Amerika), dan diceritakan dengan bahasa yang luar biasa romatis. Gw belum pernah baca novel asing yang deskripsinya akan sesuatu sangat-sangat romantis (mungkin karena sastra lama? I dont know..). 

Favorit gw adalah penggambaran dermaga di halaman 4, entry the first (entry the first --> judul bab 1)

Oh iya, beberapa bagian menggambarkan realita dunia. Saya suka bagian itu... ternyata dunia ini dari tahun 1948-2015 belum banyak kemajuan yang berarti, terutama dari segi moral. Sedih juga.

---
Tapi, jujur bahasanya terlalu sulit untuk gw dan gw harus buka-buka kamus setiap kali baca dan erggh its annoying (maklum bahasa Inggris saya masih belepotan). Tapi begitu kamu udah paham kalimatnya. Buku ini sesungguhnya sangat mempesona.
Oh iya, alur ceritanya lambat dan penggambarannya ada yang berlebihan juga jadi gak enak. Agak kurang bisa ditebak ini arah ceritanya mau gimana soalnya lambat alurnya. Terusan tiba2 ada tokoh yang tiba2 muncul, jadi piyee gitu rasanya.

Overall menurut gw nggak terlalu recommended untuk dibaca sebagai penghilang stress, but the story is good enough if you want to know about slavery.

Sudah baca? Yuk komen :)
Happy reading and keep inspiring!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar