Minggu, 04 Agustus 2019

Cara Cepat Menaikkan Skor IELTS Reading : How to Beat The Test

Hai guys!

Mungkin dari kalian ada beberapa yang membutuhkan tips menaikkan score reading IELTS, aku baru saja mendapatkan skorku dan nilainya 8+.. Nilai ini mendongkrak overall scoreku dan membuat level IELTSku ada di C1 (Advanced user). Sejujurnya aku juga nggak nyangka dan speechless dengan hasil ini. Karena, kalau kata mbahnya IELTS, Kiki Edward, nilai kita akan turun 0.5 dari nilai-nilai latihan kita. Selama ini pas latihan sampai minggu-minggu terakhir aku mentok di nilai 7.0 jadi aku mikir paling aku bakal dapat dilai 6.5 pada saat ujian. Tapi ternyata Allah Maha Baik....

Sesuai request beberapa teman, tanpa basa-basi langsung saja ke intinya... Untuk reading aku mostly self study, tetapi ada beberapa juga tips dari mbah guru dunia nyata dan mbah guru al-youtubi (youtube)... yang kuamini selain nasib dari Allah juga merupakan sesuatu yang patut teman-temen coba untuk dongkrak IELTS reading secara instan... yuk kita simak tipsnya.


TIPS MENDONGKRAK IELTS READING INSTAN 
*ini cara yang kupakai guys, mungkin ngga berlaku untuk semua orang
*silahkan dicoba

1) Jujur pada diri sendiri
Tips apaan nih? Kok jujur... yak jujur itu penting guys. Kalian harus jujur dengan diri kalian, kemampuan bahasa kalian sampai dimana... Dulu aku juga gitu kok, aku merasa salah dikit tulisannya gapapalah ya, paling tetep oke, yang penting kan aku ngerti. Tapi itu salah besar guys. Tujuan dari tes ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kemampuan bahasa kalian, jadi kalau kalian 'pura-pura udah bisa', kalian gak akan berhasil untuk beat this test, mau sebanyak apapun kalian les atau sebanyak apapun kalian mengulang pelajaran. JUJUR! Ingat! Salah ya Salah! Akui kalau kalian belum mampu menangkap informasi itu, nggak tau arti kata kalimatnya.

Jujur juga pas latihan, misal 1 passage 20 menit... Kalau sudah lewat, skipp... Buat diri kalian sadar, dimana 'Level' kalian, supaya bisa memacu diri kalian berkembang.

Jadikan rasa tidak mampu itu pacuan untuk terus belajar. Akupun dulu merasa udah bisa, aku merasa bisa karena toefl itpku udah cukup bagus, tapi hello... toefl itp itu pilihan ganda (nebak  pake kancing masih bisa >__<), sangat berbeda dengen IELTS... ketika aku merasa jujur, aku merasa bodoh, dan disaat itulah ilmu itu bisa aku serap, aku belajar lebih giat, dan pada saat itu juga kita seiap menerima skor yang lebih baik.



Ketika aku merasa jujur, aku merasa bodoh, dan disaat itulah ilmu itu bisa kita serap, kita belajar lebih giat, dan kita seiap menerima skor yang lebih baik.

2) Siapkan 2 Buah Buku Tulis & Pensil HB
Kalau kalian siap mendongkrak nilai secara instan, pergilah ke warung dan belilah 2 buku tulis yang biasa aja merk sidu 2.500 an, nggak perlu yang tebal2 atau mahal, atau kalian nunda pergi ke gramed, ngga usah guys.. gak perlu buku sultan buat dapat skor baik, cukup buku tulis anak SD di warung ajah..  Atau buku bekas Adek yang bisa ditulis.

Kalian perlu 2 buku:
1 buku tulis digunakan untuk latihan (full latihan, jangan ditulis yang lain)
1 buku tulis adalah buku vocabulary, yang aku akan bahas selanjutnya.

Runcinglah pensil HB (yang bisa kalian pake juga pas tes), kalau nggak punya peruncing, runcing pake pisau juga bisa... yang penting bisa buat nulis.

3) Latihan setiap hari
Download buku-buku latihan cambridge 1-13, kalau udah mepet (+-2 minggu atau seminggu, coba kalian kerajakan 7-13 saja, dari edisi terbaru alias mulai dari 13 dulu sampai ke 7). Selalu pasang timer di HP kalian. Tidak ada distraksi (misal main HP bentar... liat TV bentar), full lakukan 1 jam kerjakan 1 exercise full reading setiap hari. Gunakan buku tulis latihan kalian & pensil HB untuk menulis jawabannya (kalau kalian bisa nge-print kertas jawaban aslinya sih bagus, cuma kebanyakan ribet sih, jadi menurutku langsung kalian tulis dibuku tulis aja).

Di buku tulis, jangan lupa selalu sertakan itu excercise berapa, cambridge buku ke berapa.

Buku latihanku, pakai pensil 2B


Contohnya bisa download di :
https://www.accessskill.com/download-all-cambridge-ielts-books/

Aku sangat menyarankan untuk reading, part cambridgenya di print guys.. karena bolak balik halaman perlu waktu..

Selama latihan :
a. Garis bawah kata yang kalian nggak mengerti
b. Lingkari pertanyaan yang kalian ragu jawabannya apa
c. Kasih tanda segitiga di jawaban yang kalian yakin banget jawabannya bener
d. Ketika waktu selesai, kalau ada pertanyaan yang belum dijawab, berikan tanda salah.

Langsung evaluasi, setelah waktu selesai :
a. Hitung jumlah benar & salah, kalau terlewat atau belum terjawab kasih tanda salah, salah spelling salah, kurang 's' salah. Ikuti sesuai dengan kunci jawaban cambridge. Strict dengan diri sendiri.
b. Berikan score di pojok kertas.
c. Untuk kata-kata yang kalian nggak ngerti (yang sebelumnya digaris bawah), buka google dan cari 'Cambridge dictionary' atau aplikasi kamusku juga bisa untuk android user.

https://dictionary.cambridge.org/

walaupun mirriam-webster dictionary lebih ke American English, tapi menurut aku yang dodol ini, lebih mudah dipahamin maknanya, maka aku kalo nggak ngerti, akan lari ke websitenya...

https://www.merriam-webster.com/

Tulis kata-kata asing itu + artinya di buku tulis satunya (Buku Dictionary).
Kalau kalian cari arti katanya di cambridge atau Mirriam Webster Distionary, kalian akan menemukan contoh2 kalimat lain... kalau aku pribadi, aku tulis 1 contoh kalimat itu di buku dictionary (supaya bisa aku pake pas speaking, sekali dayung dua tiga pulau terlampaui... atau kadang coba pake kata yang asing itu ke kalimatku sendiri).

Buku kamusku (ini aku beli diminiso, enak tengahnya dijahit, jadi kalau aku bawa tidur gak rawan copot bukunya)


Biasanya setelah latihan reading, aku akan memastikan bahwa, kalau aku ketemu kata-kata itu lagi, aku akan tau apa artinya. Don't miss anything baby! We don't have any money and time for thatttt

Nah, Tapi kak aku gampang lupa ?

Nah, iya sama aku juga... wkwkwkw. 
Aku pelupa lho guys... Bersyukur ya kalau kalian gampang ingat..

Jadi yang aku lakukan adalah, membaca buku dictionary ini sebelum tidur, sampe aku meler karena ketiduran. Aku akan baca dengan keras, dan aku coba-coba bikin kalimat dengan kata-kata ini.

Coba deh, kalian baca tiap hari, pas kalian ketemu lagi di passage, idung kalian akan mekar saking kalian merasa hidup kalian berguna banget udah susah payah belajar tiap malem wkwkw.
Setelah aku mengumpul2kan kata, sebenernya itu-itu aja dan banyak yang diulang wordingnya, percayalah... membangun vocab ini akan membawa pengaruh dan dampak yang sangat besar di kehidupan reading kalian.

Kebanyakan, kita salah jawab karena kita nggak ngerti apa artinya. Kita frustasi, jengkel, marah, kok susah ya ? kan aku udah les. Wait beb, les akan membantu kamu menemukan jawaban lebih mudah. Tapi kalau dasarnya kamu nggak ngerti, apa yang bisa ditemukan ? Nothing. So build your own capability, dan les-lesan hanya akan melengkapinya.

d. Coba, kalian lihat apakah yang kalian kasih tanda segitiga itu bener, dan tanda bulat itu salah.
Kalau kalian lihat, masih tidak cocok (dalam arti yang kalian tandai segitiga itu salah, berarti kalian belum bisa memprediksi skor kalian nantinya, dan masih banyak PR yang harus diselesaikan sebelum real test.. alias yang bener, mungkin keberuntungan).  Jika yang bulet bener, syukur alhamdulillah. Kalau yang bulet itu salah... ini tips buat real test, dan ini yang kulakukan .

---> Menandai Nomor dengan lingkaran & segitiga, adalah Tips Manajemen waktu. 
Jadi kalau kalian belum yakin dengan 1 soal tapi masih banyak yang belum kejawab, jangan berkutat disitu, kalian kasih tanda bulat di soal (di nomornya), dan kalian tebak dulu jawabannya, langsung skip ke soal lain.

Nah, kalau kali masih ada waktu, coba baca pelan-pelan... kosongin pikiran dan pahami baik-baik kalimatnya. Yakin deh, kalian akan dapat ilham tentang jawaban benar yang sesungguhnya.

Di real test aku melakukan ini, dan mengganti hampir semua jawaban yang aku buletin... dan tada... I think I got lucky and gotem rite.

Kelebihan yang lain dari latihan setiap hari menurutku adalah :
1. Kita jadi pinter manajemen waktu.
Mungkin awal-awal kita gak jujur lagi dengan diri sendiri dan cheating soal waktu (haha!), lama-lama kita sudah makin lancar dan bisa manajemen waktu dengan baik. Pas real test nggak pusing lagi karena sudah terbiasa dengan waktu yang mepet.

2. Membangun vocab
Guys, vocab itu penting bangeeet. Jadi aku pernah nonton di guru youtube. Ada beberapa soal memang yang menjadi pembeda higher band (7.0+) dengan lower band (dibawahnya), dan mostly itu dibedakan dengan kompleksitas vocabnya... Jadi if you aim for higher band, please pleasee ingat ini, jangan abai dengan sesuatu yang kita nggak tau.

3. Memfamiliarkan diri dengan topik & tipe soal IELTS.
Jujur deh, ada topik yang kalian suka. Ada yang kalian benci! Haha... iya gapapa jujur aja... aku juga kok. Kalau soal ekonomi aku mulai pening, kalau soal psikologi aku seneng.. untung aja kemarin dari 3 passage cuma 1 yang aku sakit kepala tentang seni, lumayan susah menurutku. Tetapi kalau kalian sudah sikat cambridge 7-13 kalian akan familiar sedikit banyak dengan topik & tipe soalnya.

4) Banyak-banyak berdoa
Cuma Allah yang bisa menolong guys, apapun itu qodarullah.... Jadi jangan lupa banyak berdoa, terutama disaat-saat makbul, hujan, sehabis adzan & ketika berbuka.

---------
Aku mencoba booster ini selama 3 minggu, and I got a great loop from 6.0 to 7.0 pas latihan. Dan beruntungnya, ketika tes.. aku hanya dapat 3 passage dan yang 2 sangat familiar.. aku merasa seperti latihan! Vocab ? Familiar! Seperti latihan. Alhamdulillah. Seperti Allah janjikan, ketika kita berusaha & berdoa, tidak ada yang sulit bagi Allah. Maka jangan sia-siakan waktu, ikhtiar yang sebaik-baiknya.
----------
Jika kalian merasa ini lebay & kok kayaknya nyapein banget, Sebenernya reading tiap hari dan evaluasinya cukup 1.5 jam guys, ya setara dengan main game mobile legend 3x classic lah... lama-lama kalian akan terbiasa dengan speed ini. Kalaupun kalian gak bisa mengartikan langsung, bisa kalian lakukan sambil nunggu gojek/nunggu makanan datang/disela-sela makan siang kantor.
----------
Jika menurut kalian ini berguna, atau kalian butuh tips tambahan
I'm ready to help jika aku bisa, contact me in : afandi.karima@gmail.com atau lewat instagram @orangestalk.


Don't forget to be happy!




3.75 Dioptri.
My inner self said,
Just Be Honest with Yourself
That Open the Door



3 komentar:

  1. Pertamax ga ya..hehe bener bgt ini mAh.. "di saat Kita merasa jujur, kita akan merasa bodoh...." Wkwkwk, so that's why ak mundur tes bln ini.. berharap bs mengejar juga 3 minggu lagi �� doain ya Kai.. BTW, sekalian donk tips nya 3 bagian yg lain, listening,speaking, n writing.. jangan nanggunggg.... ��

    BalasHapus
  2. Semangat kakak... kalau belum siap tidak apa-apa kok, we will know when we are ready... nanti aku terusin yaaa :)

    BalasHapus
  3. aku suka banget kak sarannya..makasih yaaa< I'll do it..klu aku berhasil nnt aku laporin gmn resultnyaa k kk...

    BalasHapus