Minggu, 09 April 2023

Ramadhan 2023 Reflection - Ilmu sebelum Amal, Beramal yang Berakal

Dari kemaren gua bikin kue lebaran untuk dibagi-bagi ke temen lab, sambil marathon Habib Ja'far di Youtubenya Om Dedy Cobuzer. Ber-episode-episode, loyang demi loyang. 

Nonton Habib Ja'far itu berasa lagi nostalgia. Kenapa? Karena secara ga langsung, gua dibesarin dengan cara yang mirip dengan beliau dalam beragama, dan ngga tau kenapa, gua pengen aja nulis ini sekaligus mungkin menjawab pertanyaan "Lu anak ustad ya?" dan kenapa gua kalo ngeladenin atheis nanya ini-itu sampe berjam-jam seneng-seneng aja. 

Sedikit flashback, gua dibesarkan dari orang tua yang beranggapan bahwa tujuan nikah itu sejatinya adalah menyempurnakan agama, gak ada yang lain. Jadi, investasi terbesar orang tua ke gua, adalah mendidik agama. Apakah gua dari keturunan kiyai, habib atau ustad? boro-boro. Gua keturunan jengis khan bro. Mungkin ditulisan gua sebelumnya gua cerita sedikit tentang kakek gua, iya jadi jawabannya gua bukan keturunan ustad manapun. 

Tapi seperti halnya ayat pertama yang Allah turunkan itu "Iqra" alias "Bacalah". Maka dengan ketekunan dan semangat yang kuat ayah-ibu gua belajar Islam kesana-kemari. Mereka bener-bener investasi gaes. Gua inget banget dulu sebulan sekali ayah gua selalu borong buku-buku fiqih, subscribe majalah islam (dan majalahnya banyak banget), bahkan beli buku fiqihnya dari luar kota. Tahun 2000-an dulu pas gua masih piyik, ayah gua bisa menghabiskan uang 500,000 buat beli buku-buku agama.

Pas gua kecil, gua dipindah sekolah karena ayah gua mau anak-anaknya jadi penghafal Quran. Dulu SPPnya mahal banget dan satu kelas cuma 10 orang, karena sekolahan eksklusif. 

Pas SD disaat anak kecil lain les gambar .. gua "dipaksa" les kaligrafi (walaupun gua juara sih LOL), tapi namanya anak kecil suka anget-angetan. Ibu gua selalu ngingetin buat dateng les dan tekun.

Pas SD juga gua digeret buat les ngaji dan bahasa arab walaupun tiap les ngaji gua nangis-nangis karena susah (alhamdulillah pas gede udah bisa ngaji). Dan lu bayangin itu lesnya kadang campur sama ibu-ibu. Gua nangis terus ibu gua bodo amat "anak gua harus bisa ngaji yang betul". Pas gua kuliah gua ikut les tahsin ulang ternyata investasi geret-geret gua pas kecil ini cukup berhasil karena makhrajnya sudah betul semua. Disitu kadang gua kayak ada "Eurika" moment, dimana investasi ayah-ibu gua menurut gua berhasil.

Gua selalu tumbuh dilingkungan yang haus ilmu. Apalagi ilmu agama. Cari ilmu gaboleh cuma disatu sumber, cari-cari-cari. baca-baca-baca. Itu yang gua lihat dicontohkan dari ibu bapak gua (makanya kita ga ada aliran tertentu karena kita belajar semua). Gua pas kuliah pernah lho guys ikut kajian mbak-mbak bercadar semua dimana gua kek "dihakimi" gitu karena gua pake baju pink gonjreng. Tapi lu tau gua, dan gua udah punya banyak pengalaman "mencari ilmu", buat gua kayak pendapat dia ga ada hubungannya sama gua. Gua kesini mau cari ilmu. Segitu gilanya foundation dari rumah (walaupun kadang agak bahaya sih, kapan-kapan kita ceritain episode gua mau direkrut aliran-aliran aneh).


Lanjut soal Habib Ja'far,

Satu hal yang menurut gua yang nostalgic banget adalah ketika Habib Ja'far muncul sebagai fenomena muslim yang belajar filsafat dan agama lain. Ini mirip yang gua alami ketika tumbuh. Gua inget banget sejak kecil, orang tua selain mengedpankan ilmu sebelum amal, juga dalam beramal harus berakal.

Seperti halnya Allah bilang bahwa Islam bukan agama nenek moyang, dan hidayah akan datang bagi orang-orang yang berfikir. 

Orang tua gua justru meng-encourage gua buat mencari tau agama lain. Misalnya dari kelas 3 SD gua udah ga masalah nonton debat terbuka antar agama (yang isinya diskusi-diskusi gitu). Disitu orang tua gua ada bersama gua. Kita nonton bareng-bareng, dan di rumah gua juga ada buku-buku tentang agama lain, gua bebas baca dan ya.. gua baca. Disini semuanya adalah pembelajaran. Kalau orang lain mungkin dianggap "Nih keluarga udah gila". 

Bahkan dari kecil, gua mikir, "Kenapa gua muslim ya? Diluar sana orang selain Islam ibadahnya gimana ya?" "Sejarahnya gimana ya?". Gua berfikir dan belajar. Cari dan mencari. Ga ada yang namanya alergi dengan agama lain, ga ada. 

Ini mirip dengan keluarga habib ja'far, cuma bedanya bapak gua ga minta gua jadi pendakwah


I moved countries, everything fit into its pit

Jadi guys, sebelum pindah ke Eropa gua udah ngicip pergi kesana-sini. Tapi berhubung gua berkunjung bukan tinggal, jadi beda cerita. Kepindahan gua ke Eropa ini menurut gua membuat apa-apa yang udah diinvestasikan orang tua gua ketika kecil -alias agama, "Fit into its pit" alias kalo potongan puzzlenya berantakan, sekarang semua ada pada tempatnya.

Karena orang tua selalu membiasakan : Ilmu sebelum Amal, Beramal yang Berakal. Maka logika berfikir gua dalam frame-work agama cukup kuat menghadapi gempuran-gempuran tempation yang ada. 

Banyak orang pindah negara, mulai kehilangan nikmat iman satu-satu. Apalagi menghadapi gempuran pertanyaan dan lifestyle orang-orang disini yang kebanyakan atheis, kalau landasan ilmu dan akalnya ngga kuat maka luntur sudah. Biasanya dimulai dengan satu hal, kemudian yang lainnya akan ngikut.  


Berjam-jam menghadapi atheis

Gua pernah ngeladenin temen gua yang bimbang akan agama, kita diskusi sampe 5 jam di restoran. Sampe kayaknya mau diusir. Alhamdulillahnya semua yang dia tanya bisa gua jawab, sampe kita berhenti karena dia "agak takut, dia bakal masuk Islam". LOL. Gua ngerasa dia dalam hatinya sudah mengakui kalau yang gua sampaikan itu masuk akal. Setiap kali diskusi agama, dia selalu curi-curi pandang ke gua. 

Gua pernah nanya ke dia, "Lu pernah ngga belajar agama lain?" Dia jujur kaget. Gua bilang kedia, "Gua jadi muslim karena gua yang pilih, bukan karena orang tua gua, gua udah mengalami fase pencarian itu". Dia kaget se-kaget kagetnya. 


Jujur gua bener-bener berhutang sama orang tua gua, yang dulu geret-geret gua sampe nangis-nangis supaya gua bisa ngaji yang bener. Menurut gua, investasi yang sebenar-benarnya buat anak adalah investasi agama. Gimana dia tau cara "mencari", gimana dia berilmu sebelum beramal, dan beramal juga dengan akal. Gimana dia bisa menggenggam iman itu sebaik mungkin, ketika dunia itu jadi asing, karena dia tau tujuan hidup ini apa. 

Gua cukup beruntung karena ayah-ibu gua mendidik gua seperti itu. Tapi buat siapapun yang ga seberuntung gua, ga pernah telat untuk mulai dari awal. Inget Allah bilang "Iqra" (Baca!), gimana mau beramal yang betul tanpa ilmu. Secara fitrahnya logika kita akan sampai juga kok pada islam. 

Maka Ilmu sebelum Amal, Beramal yang Berakal


Selamat puasa semuanya





Tidak ada komentar:

Posting Komentar