Jumat, 18 September 2020

Acne Survivor Series #1 - Menyelamatkan diri dari bekas Jerawat

 Kalian pasti gemes kalau muncul jerawat gede yang mendadak biasanya muncul tidak terduga pada saat hormon sedang tidak terkendali. Yup aku juga! 

Walaupun aku cenderung lumayan gak banyak tapi kadang jerawat besar masih muncul. Bagaimana cara kita supaya jerawat ini gak menimbulkan luka dan bekas. Karena kalo udah bekas itu bisa lama banget. Berikut tips yang aku yakini berguna dalam menghadapi jerawat gede :


1. Leave the acne alone

Alias, udah gak usah terlalu peduli amat. Jerawat kan sebenernya inflamasi ya, sebuah keadaan abnormal yang untuk jadi normal, butuh waktu.. kalo kita terlalu obsesif dan gak kasih waktu buat sembuh malahan gak baik buat kulit kita. Jadi jangan terobsesi sangat buat ngilangin si jerawat gede ini dalam se malam karena emang gak akan bisa. 

Sabar adalah kunci. Tips buat sabar adalah dengan gak diliatin terus. Jauhim tuh kaca dan kamera depan.

Hindarkan pencet jerawat dan pegang2 jerawat segatel apapun kalian gemeshh liat jerawat gede mendadak nongol. dan sebersih apapun tangan kalian. Jangan sentuh! Okay!


2. Bersihkan secukupnya.

Kalau aku lebih memilih buat cuci muka dengan yang gak iritatif dan mild seperti cetaphil, karena kalo yang nge-drain oil banget malah bikin inflamasi lebih parah. See the sign. Kalo abis cuci muka muka kalian ke merahan, stop! ganti atau gak usah pake sabun sama sekali. 

Bagaimana membersihkan kalo jerawatnya pecah ?

Kalo kebetulan jerawatanya pecah dan muncul darah + nanah gitu pas kalian lagi sadar, seka aja pake micellar water atau rose water kalo ada. Kalo gak ada pake tisu basah. Kalo gak ada juga tisu biasa + aer juga atau tonner bisa. Seka aja ya jangan dikeluarin atau pencet biar darahnya keluar karena takutnya ntar jaringannya robek malah jadi luka. Secara natural si darah + nanah bakal keluar sendiri kok jadi gak usah worry. Kalo darahnya keluar terus gimana kak ? Ya, seka terus sampe dia berenti. Kalo tisunya udah penuh darah, ganti tisunya ya.. Gak usah malu, ini biasa banget kejadian sama yang jerawatnya gede. 

Kalo pas kalian lagi gak sadar (kadang2 pecah gak sadar), misalnya lagi tidur atau keasikan kerja.. darahnya ntar bakal ngebeku gitu ntar keliatan ada darah kering di ujung jerawat kalian. Saran aku bersihin pake tonner yang water based atau micellar water pelan2 aja seka jangan sampe jerawatnya meletup yak, sampe bekas darahnya ilang.


3. Perlakuan biasa 

Pakai pelembab & tonner biasa + SPF akan sangat membantu. Pokoknya jangan biarkan si jerawat merasa seperti alien di wajah kalian. Santai aja... ^^

Saranku kalo lagi jerawatan, skin care regimen yang paling sederhana adalah yang terbaik. Biasanya aku bakal coba dan tunggu gimana reaksi kulitku 30 menit kemudian kalo merah banget atau gatel aku bakal gak pake lagi buat besoknya. 

Banyak orang bilang, kar itu kan lagi bekerja (gapapa merah2)... Tapi dari logika dan pengalaman aku  jerawat kan inflamasi, kalo kita lagi jerawatan parah (inflamasi) dan pake produk2 yang gak bisa nenangin kulit kita malah tambah nyiksa gak sih? jadi aku cari yg ada anti inflamantory propertiesnya dan bentuk sediaan yang acne friendly seperti gel dan actives yang paling kusuka adalah: snail karena bisa bikin mukaku gak inflamasi..


4. Perlakuan khusus

Kalau aku buat dot treatment (acne spot) akan pake beberapa opsi sebagai beirkut :

1. Tea tree oil. Disini aku makenya aku pake 2 tetes + gel snail baru pake dimuka. Aku gak saranin langsung karena ini iritatif.

2. Benzolac (Benzoil peroksida) aku beli yang gambar buletannya biru ya guys, yang 2,5% aja. Kalo saranku juga gak usah pake yang kadarnya tinggi.. ntar kalo misalnya bakterinya bandel kalian kan yang pusing.. Jadi as natural as possible adalah yang terbaik...

*tapi perlakuan khusus ini cuma kulakuin kalo bener2 menganggu banget, kalo engga, aku lebih milih perlakuan yang natural.


.


Buat yang acne prone, everyday is battle to our skin. Jadi! Baek-baek dah sama kulit ya!

Gausah dipaksa, kulit butuh waktu!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar