Kamis, 09 Mei 2019

Mengenal Suplemen Makanan - Mengecek Produk Sebelum Memakan dan Membelinya

Kali ini mimin mau berbagi ilmu tentang apa dan bagaimana cara mengecek produk suplemen makanan sebelum membelinya.. Supaya teman-teman lebih cermat dan menjadi konsumen pintar sebelum membeli dan mengonsumsi suplemen ya.

Suplemen Makanan yang diresepkan dokter

Jika kalian diresepkan oleh dokter suplemen makanan (misalnya untuk ibu hamil), tidak perlu terlalu khawatir suplemen ini akan tidak cocok dengan teman-teman, dari aspek legalitas juga tidak usah khawatir (ngga mungkin nyeleneh deh), supaya tetap minum suplemen dengan aman dan nyaman, usahakan ketika ke dokter :
1) Ceritakan sedang atau selalu mengonsumsi apa, supaya dokternya tau teman-teman butuhnya suplemen apa.
"Dok, saya selalu mengonsumsi vitamin C merk ini setiap hari..."

Siapa tau, suplemen yang kita konsumsi kontraindikasi (bertolak belakang dengan obat yang diresepkan, atau malah dobel dengan yang diresepkan).

2)Jika perlu, setelah menulis resep, kalian perhatikan resepnya dan tanyakan diresepkan apa, boleh kok... jangan takut-takut, tanyakan fungsinya ke dokter kalian "Dok ini obat apa ya...", itu hak kita untuk tau kita diresepkan apa dan pastinya dokternya dengan senang hati akan menjawab pertanyaan tersebut.

Suplemen Makanan yang Inisiatif Beli Sendiri

Kondisi badan menurun, iklan suplemen merajalela, direkomendasikan teman minum A,B,C, masyarakat indonesia memang suka swamendikasi (pengobatan sendiri), yak tetapi demi kemananan dan kenyamanan bangsa, mimin kasih tau beberapa tips memilih suplemen yang kalian inisiatifkan untuk beli sendiri..

1) Apakah Suplemen ini Resmi?

Banyak sekali iklan produk pelangsing berseliweran di jagat instagram.. Mulai dari harga 60.000 sampai 500.000 per botol dengan klaim menurunkan 6 kg seminggu! (Itu suplemen ada vacum celaner sedot lemak yak?), penurunan berat badan yang sangat drastis selain memberikan efek yoyo (ntar cepat gendut lagi), merusak metabolisme tubuh dan klaim agak kurang masuk akal ini sangat berbahaya, tapi sekaligus menggiurkan. Apalagi cewek-cewek yang ngebet pengen kurus biar pas nikahan fotonya bagus, gampang banget kemakan iklan model begini. Kemanan nomor 2, kurus nomor 1. 

Suplemen yang beredar di Indonesia harus terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), BPOM akan melakukan evaluasi keamanan dari obat ini, jadi langkah pertama termudah adalah memastikan bahwa produk ini adalah 'Legal' bukan 'Ilegal'.

Mimin lihat, banyak suplemen pelangsing yang ilegal lho guys dengan mencantumkan nomor registrasi BPOM abal-abal. 

Bagaimana cara cek apakah suplemen ini benar-benar terdaftar ?
1. Masuk ke website BPOM, klik langsung disini.

2. Ketik nama produk atau nomor registrasinya, atau bisa nama pabriknya (nama pendaftar) --> pada kolom yang ditunjuk panah pada gambar berikut ini:


3. Klik enter.
4. Jika terdaftar, maka akan muncul seperti ini:
Misal kita coba cari produk "Stimuno Rasa Anggur" --> kita cukup ketik merk "Stimuno"

Dari sini kita bisa mencocokkan :
1. Nama Produk termasuk varian
2. Nomor Registrasi
3. Bentuk Sediaan (Tablet, Kapsul, Cairan, dl.)
4. Kemasan
5. Pabrik pembuat

Ingat jika ada yang beda, waspada obat tersebut palsu atau telah dipalsukan (Misal ternyata Stimuno Anggurnya kemasan 150 mL, padahal tercantum 60 dan 100 mL). Laporkan kepada BPOM atau ke apotek terdekat untuk dibantu dilaporkan kepada pihak berwajib dan jangan konsumsi produk seperti itu ya gengs.

Kemudian, kalau misalnya tidak terdaftar, maka akan muncul seperti ini :
Akan muncul "Data Tidak Ditemukan"


2) Benda Asing Ini Isinya Apa ?

Ketika kita beli suplemen, kita harus kritis dan bertanya pada diri sendiri. "Benda ini isinya apa ya?". Pastikan selalu mencari tau dan bertanya. Jika di apotek, tanyakan kepada apotekernya. Usahakan hindari beli online, kecuali sudah pernah membeli sebelumnya.

Mimin sarankan, dari pada membeli 'Brand' atau merk. Manmin lebih baik mencari "Zat atau Bahan"nya dulu.
Bangunlah kebiasaan bertanya "Ini apa?" "Ini untuk apa?"
Kita tidak bisa jadi expert tentang obat dalam satu dua hari, tapi pengetahuan kecil untuk diri sendiri pasti akan sangat bermanfaat

Misalnya kalian pergi ke apotek ingin mencari suplemen mata,
Cobalah dirumah atau dijalan tanya-tanya atau gugel dulu, sebenarnya vitamin apa yang baik untuk mata... Mimin kasih bocorannya ya, yang baik untuk mata : Vitamin A, Senyawa Karotenoid dan Ekstrak Bilberry. Ada banyak produk yang bisa dipilih seperti :


Ketika sampai di apotek, tanyalah seperti ini, "Mbak ada suplemen yang ada ekstrak bilberrynya nggak ... yang untuk mata,"

Jadi manmin akan diberikan pilihan di apotek dan bisa pilih salah satu yang bikin yakin, kira-kira masuk budget dan tentunya aman berkhasiat.

Misal kalian pernah sering kesemutan, kemudian ke dokter, dokter sarankan rutin minum "Vitamin B IPI" selain makan sehat. Ketika kesemutan tersebut timbul lagi, kalian mungkin mencari "Vitamin B IPI (Merk)", tapi dibanding mencari "Vitamin B IPI, carilah "Vitamin B" (Zat atau Bahan aktifnya, bukan merknya)...

Tidak semua orang adalah tenaga kesehatan, tetapi ilmu bisa didapat, kita bisa belajar untuk sayang terhadap diri kita sendiri.

3) Selalu Cek Obatnya

Saat menerima suplemen
a) Pastikan kemasannya dalam keadaan baik, jika dalam bentuk sirup atau botol pastikan belum terbuka.
b) Jika strip yang terpotong selalu tanyakan tanggal kadaluarsa obat dan nomor lot obatnya
c) Jika tidak ada aturan pakai, selalu tanyakan aturan pakai atau minta apoteker menuliskan aturan minum suplemennya (misal kalian beli vitamin yang diplastik).
d) Tanyakan suhu penyimpanannya, terutama untuk sirup dan kapsul lunak

Penyimpanan yang salah bisa merusak suplemen


Sesaat sebelum minum
a) Pastikan dalam keadaan baik (tidak gompel, kapsul lunak tidak dalam keadaan pecah, sirup tidak berubah bau).
b) Minum sesuai dengan aturan pakainya. (jumlah pemakaian, sebelum atau sesudah makan)

Contoh kapsul lunak minyak ikan yang berubah dari bentuk yang seharusnya (paling kiri)


Setelah selesai minum
a) Simpan kembali obat ditempatnya, jangan memindahkan obat dari kemasan aslinya (misal sirup ditaroh dibotol, obat stripnya dilucuti untuk diletakkan diwadah). Kemasan obat berfungsi melindungi isinya.
b) Simpan sesuai dengan suhu penyimpanan yang disarankan.

=============================================================

Sekian dulu ya,
Gimana, sudah merasa cukup tangguh dalam memilih suplemen ?

Besok mimin dongengin lagi ya terkait suplemen ini,
See you!

2 komentar:

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
    ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
    add Whatshapp : +85515373217 || ditunggu ya^^

    BalasHapus