Rabu, 08 Mei 2019

Mengenal Suplemen Makanan Level Sekolah Dasar

Karena menjadi konsumen, penting banget untuk paham akan apa yang kita makan dan ilmu pengetahuan adalah kekuatan.. Orangestalk kali ini akan membahas apa yang perlu kamu tau tentang suplemen makanan, kali ini level SD dulu ya.... Berhubung suplemen makanan ini sedang booming ya dikalangan masyarakat Indonesia dan dunia..

Karena pengetahuannya level SD, kalian harus lulus lho paham tentang suplemen makanan ini!
Yuk kita simakkk
Misalnya, minum suplemen ikan supaya pintar, salah satu yang booming juga

Apasih suplemen itu ?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia ...
suplemen/sup·le·men/ /suplemén/ n 1 (sesuatu) yang ditambahkan untuk melengkapi; tambahan; 2 bagian ekstra pada surat kabar, majalah, dan sebagainya; lampiran pelengkap: majalah hiburan itu menerbitkan -- khusus untuk menyambut tahun baru

Menurut US FDA (United States Food and Drug Administration), Suplemen makanan adalah bahan-bahan vitamin, mineral, asam amino dan enzim. Suplemen makanan dipasaran dijual dalam bentuk tablet, kapsul, kapsul lunak, serbuk dan cairan.

Apa Manfaat Suplemen Makanan ?

Pada dasarnya, manfaatnya berbeda-beda. Beberapa suplemen membantu supaya tubuh tetap berfungsi, beberapa mengurangi resiko penyakit, tetapi yang jelas suplemen tidak bisa menggantikan makanan, jadi kalau makan suplemen makanan harus tetap makan ya!.

Kenapa min suplemen tidak bisa menggantikan makanan ? karena tubuh kita butuh banyak sekali asupan sementara suplemen tidak sekompleks makanan... misal kalian cuma minum suplemen isinya vitamin A, D, E, K, C, misalnya, bagaimana dengan karbohidrat, zat besi, protein yang penting bagi tubuh ?

Ganti makanan dengan suplemen ? Kok mimin ngeri ya...


Beberapa orang malah mengandalkan suplemen untuk diet, menurut mimin kurang tepat dan malah bisa malfungsi tubuhnya ya... ingat suplemen membantu tubuh kita, bukan sumber mata air utama nutrisi tubuh.

Bukan seperti obat, suplemen dipasarkan, bukan dengan tujuan untuk menyembuhkan, diagnosis, mencegah penyakit atau menghilangkan penyakit.

Jadi, kalau teman-temen ketemu suplemen makanan dengan label "dapat menyembuhkan penyakit A,B,C" silahkan curigai suplemennya, karena penyembuhan bukan tujuan suplemen makanan. 

Apakah Makan Suplemen Makanan Ada Resikonya ?

Iya! Banyak sekali suplemen makanan yang berisi bahan baku aktif dengan efek biologis yang kuat di dalam tubuh. Yang mungkin bahkan bisa berbahaya bagi tubuh lho guys... 

Kalau kalian meminum suplemen makanan sambil melakukan ini, coba deh konsultasi ke dokter:
a. Mengkombinasikan suplemen
Pernah suatu ketika kakak mimin yang lagi hamil dikasih suplemen A, terus pas ke dokter lagi dikasih suplemen B. Kakak mimin bingung harus gimana ? Mimin sarankan berenti aja yang A, toh isinya mirip dengan yang B. Hati-hati kebanyakan suplemen bisa berbahaya juga lho buat tubuh, misal kerja ginjal jadi berat kalau kebanyakan vitamin C.

b. Minum suplemen dan makan obat
c. Mengganti obat dokter dengan suplemen
d. Menggunakan banyak banget suplemen misal : vitamin A, vitamin D, zat besi, dll. Beberapa suplemen mempengaruhi sebelum atau sesudah operasi, jadi hati2 sebelum minum... coba tanyalah dulu ke dokter atau apoteker ya...

Apakah BPOM bertanggung jawab terhadap keamanan suplemen makanan ?

Iya, jadi masing-masing industri harus meregistrasikan produknya terlebih dahulu di BPOM sebelum dapat dipasarkan. Ingat, pastikan ada nomor registrasinya... kalau bingung bisa cek di website BPOM ya, jangan beli suplemen abal-abal..

Bagaimana dengan suplemen makanan dari luar negeri ?

Menariknya, beberapa negara seperti USA justru tidak lebih ketat aturannya dari kita. Di website resminya FDA (BPOMnya Amerika) menyatakan, keamanan dan efektifitas suplemen makanan adalah tangung jawab pabrikan dan tidak ada otorisasi dari FDA kecuali zat yang baru (bahkan zat baru saja cuma notifikasi, bukan otorisasi)... Jadi malah menurutku lebih nggak ketat dari BPOM.. Mungkin disana aturan pabrikannya sendiri cukup ketat, jadi tingkat kepercayaannya lebih tinggi. Tapi ini membuktikan bahwa "Yang dari luar negeri suplemennya belum tentu bagus".

Tapi ini membuktikan bahwa "Yang dari luar negeri suplemennya belum tentu bagus".

Bagaimana jadi peminum 'Suplemen Makanan' yang pintar?

Ikuti tips-tips berikut :
1. Saat cari informasi terkait suplemen, jangan gunakan website promosi dari pabriknya. Karena kalau website promosi pasti dibagus-bagusin... ya iyalah...
2. Ingat bahwa klaim yang dibuat bisa dilebih-lebihkan, misalnya "Kerja cepat... lebih bagus dari obat ...." hati-hati dengan klaim seperti ini. Kalau terlalu hiperbola, malah mungkin berbahaya.
3. Ingat bahwa yang natural (dari alam) belum tentu lebih aman, tetap ikuti aturan pakai ya...
4. Jika bingung, selalu tanyakan ke apoteker dan petugas kesehatan yaaa
5. Ingat, keselamatan yang utama!


Contoh suplemen : vitamin-vitamin (Vitamin B, vitamin C, vitamin A), ekstrak gingseng, imbost (Echinacea), Stimuno (mimin nggak promosi ya...), folamil genio, folamil gold, asam folat. Contoh suplemen :
Suplemen kapsul lunak ibu hamil yang bener-bener ngetren dikalangan ibu-ibu. Ini bukan iklan, tapi emang ngetren kok..

Kalau temen kalian bilang, "Vitamin beda dengan suplemen!" itu belum tepat ya guys, vitamin itu masuk dalam golongan suplemen... jika digunakan sebagai suplemen (sesuai definisi diatas yaa...). Jadi misalnya kalian minum tablet IPI vitamin C supaya lebih segeran, ya itu masuk ke dalam suplemen...
Hindari Suplemen ilegal dan dari luar negeri nggak jelas, misalnya sekarang banyak suplemen kollagen supaya lebih putih... hikss sedih banget baca japrian hoaxnya, kapan-kapan kita bahas kollagen ya...

Ingat... #pengetahuanadalahkekuatan #knowledgeispower
Kenali, apa yang kalian makan.. Jika bingung, tanyakan kepada apoteker terdekat anda

Sumber : Website USFDA



1 komentar:

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
    dengan minimal deposit hanya 20.000
    add Whatshapp : +85515373217 ^_~

    BalasHapus